PROGRAM YAYASAN MPATI

Target Lima Tahun

Pada akhir tahun 2027, akan ada peningkatan 20% proporsi orang tua individu dengan autisme di Indonesia yang:

TUJUAN PROGRAM

Program Yayasan MPATI menyasar masyarakat – khususnya orang tua individu dengan autisme yang menengah ke bawah – di seluruh kota besar di Indonesia. Ada tiga tujuan besar dari program kami:

Diagnosa yang Akurat

Yayasan MPATI mendorong pentingnya diagnosa kepada orang tua dan pendidik.

Pendidikan yang Tepat

Bagi Yayasan MPATI, orang tua dan pendidik perlu diberikan edukasi tentang individu dengan autisme.

Dukungan yang Kuat

817 orang tua sudah bergabung dalam grup Keluarga MPATI untuk berbagi informasi serta memberi dukungan satu sama lain.

PERSEBARAN PENERIMA MANFAAT

Yayasan MPATI telah menyebarkan manfaat ke banyak provinsi dan kota-kota besar di Indonesia

PROGRAM-PROGRAM YAYASAN MPATI

Special kids expo (spekix)

Pada tahun 2019, Yayasan MPATI menggelar salah satu expo terbesar untuk individu dengan autisme. Acara yang berlangsung dua hari dikunjungi oleh 5.000 orang. 

FUN WALK

Pada tahun 2013, Yayasan MPATI mengadakan kegiatan “Fun Walk.” Acara ini diadakan setiap tahun. Di tahun 2015, Ibu Wakil Presiden dan Menteri Kesehatan Indonesia membuka kegiatan ini.

JAKARTA RAMAH AUTISME

Pada tahun 2013, Gubernur DKI Jakarta Ir. Joko Widodo menunjuk Yayasan MPATI sebagai mitra untuk menciptakan kota “Jakarta Ramah Autisme.”

World autism awareness BAZAAR

Sebagai bentuk perayaan Hari Autisme Sedunia, kami mengadakan bazar sekaligus sebagai pusat informasi untuk masyarakat dan keluarga yang ingin mengetahui tentang autisme. Sebanyak 50 booth berpartisipasi. 

WORKSHOPS

Yayasan MPATI aktif membuat seminar dan workshop kepada masyarakat umum. Workshop tersebut kami selenggarakan secara gratis. Pada masa pandemi, Yayasan MPATI tetap aktif mengadakan workshop online dalam bentuk Live IG maupun webinar. 

Pusat LAYANAN AUTISME JAKARTA

Di tahun 2014, Ir. Basuki Tjahja Purnama, atas prakarsa dan dukungan Dinas Sosial Pemprov DKI Jakarta, meresmikan Pusat Layanan Autisme Jakarta (PLAJ). PLAJ ini berperan sebagai pusat informasi, pelatihan, dan konseling.

PEMBUATAN VIDEO PANDUAN

Yayasan MPATI menyadari bahwa terapi untuk individu atau anak dengan autisme memakan biaya yang mahal. Karena itu, Yayasan MPATI membuat video panduan untuk membantu para orang tua dan pendidik.

Video I: Terapi Perilaku

Pada video ini, masyarakat akan mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana mengajarkan kepatuhan pada individu dengan autisme. Ada lima video yang bisa Keluarga MPATI tonton! Untuk video lanjutannya, klik link di bawah ini:

Video II: Terapi Okupasi

Terapi okupasi individu dengan autisme memakan biaya yang tidak sedikit. Yayasan MPATI membuat video panduan terapi okupasi agar bisa menjadi salah satu referensi bagi orang tua dan pendidik. Video lainnya bisa klik link di bawah ini.

Terapi wicara merupakan salah satu terapi penting bagi individu dengan autisme. Banyak kisah mengungkapkan biaya yang mahal. Untuk itu, Yayasan MPATI membuat video ini, yang terdiri dari lima video. Keluarga MPATI bisa melihat videonya di YouTube Yayasan MPATI. 

Video IV: Pubertas

Masa-masa pubertas menjadi momen penting bagi individu dengan autisme. Ada banyak perubahan yang terjadi. Agar para orang tua bisa memandu buah hatinya dengan tepat, Yayasan MPATI membuat video panduan khusus untuk pubertas. Video lainnya bisa di klik di bawah ini.