Pelatihan Bagaimana Mempersiapkan Generasi Muda Dengan Autisme Yang Mandiri dan Berkarya



Memberikan pola asuh yang baik kepada anak penyandang autisme adalah kunci dalam keberhasilan membentuk kemandirian anak. Anak autisme yang telah mampu mandiri adalah langkah awal dalam mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Tujuan dari pelatihan ini adalah agar orang tua dapat mempunyai pemahaman yang lebih tentang tahapan apa yang perlu ditempuh guna mempersiapkan Generasi Muda dengan Autisme agar dapat mandiri dan berkarya sebagai investasi masa depan anak.

Pelatihan “Bagaimana Mempersiapkan Generasi Muda Dengan Autisme Yang Mandiri dan Berkarya” telah diselenggarakan pada hari Sabtu 27 Oktober 2018 di Pusat Layanan Autisme Jakarta, Cipayung-Jakarta timur yang diberikan oleh Ibu Christina Young selaku Founder Yayasan Anak Mandiri Banten dan Ibu dari seorang Anak Penyandang Autisme berusia 14 tahun.

Pelatihan ini diikuti oleh 48 peserta yang terdiri dari orang tua, guru, terapis, kepala sekolah, mahasiswi, hingga pegawai. Beberapa daftar pertanyaan yang diajukan peserta yang langsung ditanyakan di sesi tanya-jawab pelatihan :
- Bagaimana cara mengontrol emosi anak usia 9 tahun ?
Jawab : Perlu diketahui terlebih dahulu apakah pemicu dari tantrum tersebut. Ingatkan anak saat ia mulai tantrum. Apabila orang tua kesulitan menemukan pemicunya, dicari tahu apakah ini kebutuhan sensory anak, karena penanganannya akan berbeda.
Apakah perlu tes keberbakatan untuk anak ?
Jawab : Hasil tes pada anak-anak ini seringkali hasilnya kurang optimal, karena keterbatasan mereka atau adanya masalah perilaku sehingga sulit untuk di tes. Orang tua perlu jeli dalam melihat kekuatan anak. Pasti ada sesuatu yang bisa dilatihkan terus menerus pada anak sehingga dapat menjadi sesuatu yang menghasilkan.

Poin penting yang perlu diingat adalah orang tua menjadi tiang utama dari kesuksesan setiap anak, sehingga harus kreatif dan peka mengenai kebutuhan anak. Saat profil anak diketahui dengan baik oleh orangtua dan tim yang menangani anak, bersama-sama kemudian dapat dibuat program yang menyesuaikan dengan level kemampuan anak.

MPATI PLAJ ASD Mandiri dan Berkarya



Info:
www.autismindonesia.org
Instagram : @yayasanmpati
Facebook : https://m.facebook.com/yayasan.mpati
Kantor : PLAJ (Pusat Layanan Autisme Jakarta)
Gedung Panti Balita Tunas Bangsa
Jl. Raya Bina Marga No.79, Cipayung, Jakarta Timur.
Telp : 021-22853827

WhatsApp 0813-8074-1898 atau 0895-2466-6207 atau ke email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Oleh : FN
Upload : FN