Pelatihan Pemberian Stimulasi Oral Untuk Meningkatkan Kemampuan Artikulasi Anak dengan Autisme Sejak Dini (Usia 0-6 tahun)

Keterlambatan bicara pada anak menjadi salah satu early warning signs bagi orangtua mengenai kondisi anak yang dapat mengarah pada gejala anak berkebutuhan khusus. Apabila anak juga menunjukkan masalah perilaku dan hambatan dalam berinteraksi sosial, orangtua perlu kemudian melakukan pemeriksaan lebih lanjut, apakah anak memang menunjukkan ciri-ciri dari autisme. Salah satu penanganan awal untuk meningkatkan artikulasi pada anak yang mengalami keterlambatan bicara adalah melalui pemberian stimulasi oral motor.

Materi pelatihan yang disampaikan oleh Ilham Zulhaqi yang merupakan salah satu anggota Perintis Jakarta Ramah Autisme telah dilaksanakan pada Sabtu, 26 Mei 2018. Pada kesempatan pelatihan tersebut, beliau menyampaikan bahwa penting untuk memberikan stimulasi dan menyiapkan otot oral motor anak sedini mungkin. Terdapat berbagai alat peraga yang dapat dibeli dan dilatih saat di rumah. Selain itu, orangtua dan terapis juga dapat memberikan pijatan di daerah oral motor untuk anak.

Saat orangtua maupun terapis memberikan stimulasi pada anak di daerah oral motornya (misal menyikat bagian mulut), perlu dipahami bahwa pengalaman ini adalah pengalaman yang kurang nyaman untuk anak, karena sensitifnya daerah oral motor anak. Orang tua dan terapis perlu melakukan pendekatan yang bertahap pada anak, untuk menghindari adanya trauma.

MPATI PLAJ Terapi Wicara Oral Motor

MPATI PLAJ Oral Motor

Info:
www.autismindonesia.org
Instagram : @yayasanmpati
Facebook : https://m.facebook.com/yayasan.mpati
Kantor : PLAJ (Pusat Layanan Autisme Jakarta)
Gedung Panti Balita Tunas Bangsa
Jl. Raya Bina Marga No.79, Cipayung, Jakarta Timur.
Telp : 021-22853827

WhatsApp 0813-8074-1898 atau 0895-2466-6207 atau ke email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Oleh : QK
Upload : FN