Sharing Menerapkan Teknik Relationship Development Intervention (RDI) dalam Bermain dengan Anak untuk Meningkatkan Interaksi Sosial pada Anak dengan Autisme

Pelatihan MPATI-PLAJ RDI

Menerapkan Teknik Relationship Development Intervention (RDI) dalam Bermain dengan Anak untuk Meningkatkan Interaksi Sosial pada Anak dengan Autisme, menjadi salah satu bagian terpenting dalam pendampingan dan penanganan Anak penyandang Autisme.

Sabtu, 10 Maret 2018 MPATI telah kembali melaksanakan Pelatihan, Sharing dan Diskusi Grup di Pusat layanan Autisme, Cipayung-Jakarta timur. Acara yang dimulai registrasi peserta sejak pukul 09.00 dan selesai pada pukul 12.00 di isi oleh narasumber Ibu Tina Hartono seorang praktisi RDI (Relationship Development Intervention) dan sekaligus merupakan Ibu dari Anak penyandang Autisme. Peserta yang hadir merupakan anggota dari kegiatan MPATI seperti Orang tua, Pensiunan, Guru, Pelajar , Dosen dan PNS.

Salah satu masalah utama pada anak dengan autisme adalah kurangnya komunikasi yang dinamis, dan penerapan sistem RDI menjadi salah satu solusi yang dapat membantu. Namun begitu, peran orang tua sebagai pilar utama, diperlukan konsistensi dan tidak terburu-buru saat menerapkan RDI pada anak. Orangtua perlu memberikan kesempatan pada anak untuk berproses dalam berpikir, mencari solusi, mengambil keputusan, berdiskusi dalam kelompok/tim, hingga ia dapat belajar sendiri dari pengalaman. Penting juga bagi orangtua untuk menghindari penggunaaan gadget dan meminimalisir distraksi saat berada pada ruangan terapi.

Info:
www.autismindonesia.org
Instagram : @yayasanmpati
Facebook : https://m.facebook.com/yayasan.mpati
Kantor : PLAJ (Pusat Layanan Autisme Jakarta)
Gedung Panti Balita Tunas Bangsa
Jl. Raya Bina Marga No.79, Cipayung, Jakarta Timur.
Telp : 021-22853827

WhatsApp 0813-8074-1898 atau 0895-2466-6207 atau ke email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Oleh : QK
Upload : FN