Kegiatan Fun Walk 2015 "Autism Is Not A Joke!" AUTISM AWARENESS

“AUTISM IS NOT A JOKE”

Sudah saatnya persepsi masyarakat mengenai kata Autis sebagai ejekan

perlahan-lahan sirna dari masyarakat

funwalk2015jakarta, carfreeday, funwalk2015, autismawareness, mpati, yayasanmpati, autism, autis, autisisnotajoke, carfreedayjakarta, carfreedayjakarta2015, funwalk

Jakarta, 29 Maret 2015 – Masyarakat Peduli Autis Indonesia (MPATI) hari ini mengadakan kegiatan FUN WALK serentak di 3 Kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Solo guna mengkampanyekan kata Autis bukanlah sebagai bahan ejekan.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh MPATI dalam rangka memperingati Hari Autisme Sedunia yang jatuh setiap tanggal 2 April setiap tahunnya, sebagai usaha kongkrit untuk memberikan kesetaraan hak kepada anak dengan autisme.

Setelah dicanangkan “Jakarta Ramah Autisme” pada April 2013 yang lalu oleh Bapak Joko Widodo selaku Gubernur DKI Jakarta, MPATI berupaya untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi anak dengan autisme di Indonesia.

“Saya percaya bahwa kunci utama dari suksesnya penanganan anak Autis terletak pada diagnosa akurat, pendidikan tepat, dan dukungan kuat. Tidak luput dukungan dari berbagai pihak justru merupakan harapan besar bagi orang tua dan guru dalam menangani anak penyandang autis. Salah satunya adalah dengan tidak menggunakan kata Autis sebagai bahan ejekan” Ujar Gayatri Pamoedji – Pendiri dan Ketua MPATI sekaligus orang tua dari anak dengan autisme.

Kegiatan Fun Walk 2015 “Autism is Not a Joke” menampilkan acara hiburan seperti musik, tarian tradisional, pameran lukisan yang merupakan karya dari anak-anak autis berprestasi di Indonesia dan juga sharing session dengan para Pelopor dan Perintis MPATI yang telah berhasil sosialisasi penanganan autisme.

“Setiap tahunnya MPATI selalu antusias menyambut Hari Autisme Sedunia dengan mengadakan berbagai kegiatan-kegiatan positif yang turut didukung oleh Pemprov DKI. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang turut mendukung ter-realisasinya acara ini seperti, Lottemart, Rumah Zakat, Bank DKI, Nutrifood, Female Radio dan SCTV” Ujar Ida Kadarusno – Ketua Panitia Fun Walk Autism is Not a Joke.

funwalk2015jakarta, jakartaramahautisme, autismisnotajoke, funwalk, funwalk2015, autismawareness, mpati, yayasanmpati

Sementara Director Marketing Lotte Retail Indonesia – Engeline Tjia mengatakan LOTTE Mart memberi perhatian khusus terhadap penderita Autis. “Bentuk perhatian yang kami lakukan adalah dengan penyantuman resep dan foto di katalog LOTTE Mart bagi anak-anak dengan Autisme, serta sosialisasi bersama narasumber yang dilakukan di dalam store, enam kali selama satu tahun,” ungkap Engeline. Kegiatan yang dilakukan bersama MPATI merupakan program LOTTE Mart dalam mendukung Indonesia Sehat.

“Maraknya penggunaan kata Autis oleh beberapa pihak sebagai bahan ejekan, cemooh, bahkan sebuah lirik lagu dari salah satu grup musik tanah air, merupakan hal-hal yang dapat dilupakan sejenak bagi orang normal, tapi bagi para keluarga anak Autis hal tersebut sangat menyakitkan dan tidak mudah dilupakan. Kami berharap persepsi masyarakat mengenai Autis bukanlah hal yang lucu melainkan candaan yang menyakitkan dan perlahan-lahan dapat sirna dari masyarakat” tutup Lula Kamal – Duta MPATI.

TENTANG MPATI

Didirikan pada tanggal 24 Juni 2004, (tahun 1998 dengan nama KOMPAS, Komunitas Masyarakat Peduli Autis dan ADHD), Masyarakat Peduli Autis Indonesia (MPATI) merupakan yayasan nirlaba yang memfokuskan diri pada penyediaan informasi, alat pendidikan, pelatihan, dan konseling mengenai isu autisme di Indonesia. MPATI berkeyakinan bahwa melalui melalui penanganan terpadu—yaitu diagnosa akurat, pendidikan tepat, dan dukungan kuat—anak autis akan dapat memiliki masa depan yang lebih baik.

MPATI dimotori oleh para relawan dari berbagai latar belakang, sebagai konsultan ahli. MPATI bekerja sama dan mendapat bantuan dari para profesional dan ahli Autisme di Australia dan Amerika. Semenjak didirikan, MPATI telah menerbitkan 1 poster deteksi dini, 1 buah video panduan, 2 buku, 1 komik, serta menyelenggarakan berbagai seminar, workshop, dan kampanye kesadaran masyarakat di 15 provinsi di Indonesia.

INFORMASI LEBIH LANJUT

MASYARAKAT PEDULI AUTIS INDONESIA (MPATI)

Gd. Hastacentra Lt.2

Jl. Raya Tanjung Barat No.7 Pasar Minggu, Jakarta 12510

Ph/Fax: 021.7815225 ext.237 / 021.7816441, 0813 8074 1898.

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. . Website : www.autismindonesia.org


Add comment

Security code
Refresh