Peresmian Pusat Layanan Autisma dan Peluncuran Komik “Anak Autis Mampu Mandiri Sehari-hari”

Balai Agung, 2 April 2014

Masih dalam rangkaian Peringatan Hari Autisme Sedunia, MPATI bekerja sama dengan PemProv DKI meresmikan Pusat Layanan Autisma pertama milik Pemprov DKI Jakarta. Pusat Layanan ini bertujuan memberikan pelayanan kepada keluarga tidak mampu antara lain memberikan diagnosa gratis, dan memberikan pelatihan kepada orang tua mengenai kemandirian dasar bagi anak-anak autis seperti makan, minum, bab, bak, dan mandi. Pusat Layanan Autisma ini diprioritaskan untuk anak-anak autis dari keluarga berpenghasilan rendah agar dapat mengetahui gejala autisme sejak awal. Sehingga penyandang autisme dapat segera mendapatkan terapi dan penanganan yang tepat.

Dengan program ini, diharapkan keluarga tidak mampu yang memiliki anak dengan autisme atau dicurigai autisme bersedia melakukan diagnosa gratis dan mengikuti pelatihan penanganan anak autis di Pusat Layanan Autisma tersebut. Untuk orang tua yang berminat, bisa mengirimkan sms ke nomer 081282452255. Relawan MPATI akan mendata dan mengelompokkan mereka kedalam pelatihan yang sama. Untuk diagnosa akan dilakukan setiap Rabu minggu pertama dan ketiga, sedangkan pelatihan akan dilakukan di Rabu minggu kedua dan ke empat.

Selain peresmian Pusat Layanan Autisma, MPATI juga meluncurkan Komik Seri 2: Anak Autis Mampu Mandiri Sehari-hari. Komik ini merupakan lanjutan dari komik pertama Anak Autis Sahabat Kita Semua. Komik Seri 2 ini dititikberatkan pada pentingnya kemandirian dasar sebagai bekal agar anak autis mampu mandiri sehari-hari. Acara Peluncuran Komik Seri 2 ini termasuk dalam rangkaian kegiatan Peringatan Hari Autisme Sedunia yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Jakarta Bapak Basuki Tjahaya Purnama. Dalam pidatonya, Bapak Wakil Gubernur menyebutkan sangat mendukung upaya penanganan anak autis sedari dini, dan diharapkan semua pihak dapat membantu untuk mewujudkan Jakarta yang Ramah Autisme.

Rangkaian acara dimulai pada pukul 14.10 dengan penyampaian laporan kegiatan Jakarta Ramah Autisme oleh Ketua MPATI Gayatri Pamoedji. Acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat kepada para relawan 30 Perintis terpilih yang telah dilatih pada bulan November 2013. Perintis terpilih ini sampai saat ini telah melakukan sosialisasi mengenai autisme kepada sebanyak lebih kurang 3000 orang masyarakat luas yang terdiri dari pendidik, terapis, orang tua, dan banyak pihak yang punya kepedulian mengenai autisme. Penyerahan sertifikat dilakukan secara simbolik oleh Wakil Gubernur DKI Bapak Basuki Tjahaya Purnama dan kemudian dilanjutkan dengan Peluncuran Komik 2: Anak Autis Mampu Mandiri Sehari-hari. Peluncuran ini dilakukan simbolik dengan menandatangani plakat komik oleh Bapak Wakil Gubernur.