Jalan Sehat Bagi2 Komik Anak Autis Sahabat Kita Semua

Car Free Day, 30 Maret 2014

Dalam rangka memperingati Hari Autisme Sedunia yang jatuh pada tanggal 2 April setiap tahunnya, MPATI menggelar rangkaian acara dalam mendukung program Jakarta Ramah Autisme yang dicanangkan Bpk Gubernur DKI Jakarta Bpk Joko Widodo pada tanggal 6 April 2013. Tujuan program adalah memberikan pemahaman tentang autisme agar tercipta kesadaran bagi orang tua/wali/pendidik untuk mengetahui gejala autisme sejak awal. Sehingga penyandang autisme dapat segera mendapatkan terapi dan penanganan yang tepat.

Salah satu bentuk kegiatan dalam program tersebut adalah Jalan Sehat Bagi2 Komik “Anak Autis Sahabat Kita Semua” yang dilaksanakan pada tanggal 30 Maret 2014 di Car Free Day. Acara Jalan Sehat Bagi2 Komik (JSBK) ini dilakukan pada pukul 6.15 pagi, dimulai dari Jalan Teluk Betung sebagai titik awal berkumpul tepatnya di sekitar panggung Dinas Perhubungan. JSBK kemudian berjalan menuju Bundaran HI terus menuju Sarinah, dan memutar kembali menuju Teluk Betung sambil membagikan komik edukasi berisikan 7 ciri utama anak dengan autisme. Peserta yang mengikuti JSBK tersebut terdiri dari relawan MPATI, Perintis Jakarta Ramah Autisme, perwakilan dari Lotte Mart dan 80 orang anak-anak usia 8-15 tahun binaan dari Rumah Zakat. Total peserta lebih kurang 200 orang. Jalan Sehat Bagi2 Komik berakhir kembali di depan Panggung Dinas Perhubungan pada pukul 7.35 pagi kemudian dilanjutkan dengan acara di Panggung Gembira.

Acara di Panggung Gembira dibuka oleh 2 MC dari Perintis Jakarta Ramah Autisme yaitu Arum Puspitarini dan Mita Aditama. MC mulai dengan perkenalan ibu Gayatri Pamoedji sebagai ketua MPATI dan program Jalan Sehat Bagi2 Komik yang baru saja dilakukan. Selanjutnya diisi dengan penampilan penampilan dari Keisha, remaja berbakat yang menyanyikan 2 lagu sambil bermain piano. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan seorang anak dengan autisme bernama Clement yang menyanyikan lagu karangan sendiri berjudul Ayah Pahlawanku, Bunda Bidadariku. Acara Panggung Gembira juga dihadiri oleh Presiden Director Lotte Mart Indonesia Mr. Jukyang Yoon. Panggung gembira ditutup dengan penampilan band putra putri anak dengan autisme I’m Star dengan 2 lagu pada pukul 08.35.